Gaya Menulis Email Tunjukkan Kepribadian Kamu



Gaya Menulis Email Tunjukkan Kepribadian Kamu [ www.BlogApaAja.com ]

Pernahkah Anda memerhatikan bagaimana gayaAnda menulis sebuah e-mail? Untuk e-mail formal, mungkin sudah ada ketentuantertentu yang membatasi Anda, namun coba perhatikan saat menulis e-mail yanglebih casual. Ada ciri khusus yang membedakan gaya penulisan Anda dengan oranglain, dan ini bisa menunjukkan pribadi Anda pada orang yang membaca e-mailtersebut.

Seperti diberitakan medindia, Frank McAndrewdari Knox College di Galesburg Illinois bersama rekan kerjanya ingin mengungkaptentang hal ini. Mereka menanyai 166 lulusan S1 untuk membaca e-mail dengangaya penulisan dan tata bahasa yang diatur berbeda-beda. Para peneliti jugamemasukkan lebih dari lima tanda seru dan tanda tanya ke dalam teks e-mail yangpanjangnya sekitar 80 kata itu. Para partisipan kemudian diminta untuk memberirating tingkat emosional dari e-mail tersebut dan menebak jenis kelaminpenulisnya.

Hasilnya, e-mail dengan kesalahan penulisanyang terlalu banyak, atau dengan tanda baca yang berlebihan memberi asumsipenulisnya apatis, cuek, dan tidak peduli dengan sekitarnya. Semakin banyakkesalahan penulisan, diyakini orang tersebut semakin apatis.

Jika sering menggunakan kata ganti orangketiga, diikuti dengan penggunaan tanda tanya yang berlebihan, maka penulise-mail itu mudah marah. Dengan kata lain, mereka memiliki tingkat emosionalyang tinggi. Sebaliknya, jika seseorang suka menceritakan dari sudut pandangorang pertama (saya), dan menggunakan banyak tanda seru dalam e-mailnya,pembaca e-mail akan berasumsi dia adalah feminin dan pribadi yang bahagia.Dituturkan McAndrew pada Live Science, tanda baca yang digunakan seseoranguntuk memberikan nada pada e-mailnya, jika digabungkan dengan sudut pandangketika menuturkan sesuatu akan menggambarkan pribadi seseorang dalam e-mailyang ditulisnya.

Wow.. Ternyata sejauh itu sebuah e-mail bisamenguak kepribadian Anda. Jika sebelumnya Anda tidak pernah memerhatikanhal-hal tersebut, coba amati mulai sekarang. Amati pula e-mail-e-mail yang Andaterima dari orang yang Anda kenal, dan coba amati bagaimana pribadi mereka darie-mailnya.


Follow On Twitter